Pada
zaman modern kehidupan kita sehari-hari tidak mungkin terlepas dari
bilangan-bilangan. Sistim bilangan yang biasanya kita pakai mengunakan
kombinasi angka-angka dari 0-9 disebut system bilangan dasar sepuluh (system
decimal).
Sistem
bilangan dasar dua yang erat hubungannya dengan prinsip dasar kerja computer.
Hanya mengenal dua keadaan saja, yaitu keadaan on(hidup/bekerja) dan
Off(mati/tidak bekerja).
Sistem Bilangan Dasar
Sepuluh
Dasar
–dasar dari sistim bilangan ini ialah:
-
Mempunyai bilangan dasar (Base) = 0
-
Karena mempunyai sepuluh notasi atau
symbol yaitu :
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9,
-
Kombinasi dari symbol – symbol ini akan
membentuk suatu bilangan dalam system decimal.
Contoh :
123, dibaca sebagai seratus dua puluh
tiga, karena menurut tempatnya notasi 1 adalah angka seratus, notasi 2 adalah
angka puluhan dari notasi 3 adalah satuan.
-
Digunakan dalam kehidupan sehari-hari
untuk menyatakan jumlah kuantitatif dari suatu benda untuk menyatakan
tingkatan, nilai, perbandingan.
Sistem Bilangan Dasar
Dua (Biner)
Dasar – dasar dari
system bilangan ini adalah :
-
Mempunyai bilangan dasar (base) = 2
-
Karena hanya mempunyai dua notasi yaitu
0 dan 1
-
Bilangan dalam system bilangan dasar dua
ini dibentuk dengan kombinasi dari dua notasi diatas.
Contoh : (1011)2 = 1x23
+ 0x22 +1x21 +1x20 = (11)10
-
Digunakan untuk perhitungan didalam
computer, karena komponen-komponen dasar computer hanya mengenal dua keadaan
saja.
Aplikasi Komputer
Negara – Negara maju dimana computer memegang peranan
penting dalam berbagai lapangan kehidupan. Baik dibidang teknologi seperti
peluncuran pesawat Apollo kebulan, pendidikan, perdagangan, kedokteran dan
terutama dibidang menejemen dan adminitrasi.
Bidang Pelayanan
Pesawat terbang, kapal-kapal dagang menggunakan computer
membantu penerbangan dan pelayaran untuk menghindari bahaya tabrakan
mengerjakan pekerjaan administrasi dan sebagainya. Dengan bantuan satelit,
computer dapat menentukan posisi kapal, stasiun bumi mengirikan data Orbit dan
waktu kesatelit. Computer menangkap informasi dari satelit itu digunakan
sebagai data dalam menentukan posisi kapala.
Pergudangan/Pertokoan.
Dibidang ini computer dipakai untuk
memberikan informasi mengenai penjualan barang tiap hari atau bulannya.
Berhubungan dengan penjualan juga informasi mengenai keadaan gudang.
Berdasarkan informasi tersebut dapat ditentukan jenis barang apa yang harus
dipesan lagi. Andaikata sebuah perusahaan besar yang mempunyai banyak kantor
cabang, maka informasi itu digunakan untuk mengatasi agar tidak terjadi
penimbunan disalah satu cabang.
Bidang Pendidikan
Dalam bidang pendidikan, computer membantu proses
pendidikan itu sendiri, membantu administrasi pendidikan riset dalam bidang
pendidikan. Dalam bidang pendidikan computer bertindak sebagai instruktur
computer assiten instruction (CAI) adalah program yang memberikan pelajaran
para siswa. Masing – masing siswa berhadapan dengan terminal. Intruksi-intruksi
dari computer muncul dilayar terminal, dan siswa menjawab melalui keyboard.
Bila siswa membuat kesalahan dalam soal latihan maka computer menuntun siswa
dan menerangkan dengan jelas dan lain-lain.
Bidang Perfilman
Pembuatan
film membuatan Proyektor sebagai pembantu (Software) manusia membari instruksi-instruksi.
Bermain Musik
Bermain
Piano disimpan dalam CD. Dengan CD kita dapat memainkan apa saja dan memiliki
88 kunci dengan mudah kita dapat memilih dan memainkannya.
Perpusatakaan
Didalam
perpustakaan terdapat rak-rak buku yang mempunyai nomor dan tersusun sesuai
dengan abjat. Apabila seseorang masuk keruangan perpustakaan selalu menemui rak
a lebih dahulu dan jalan didalam perpustakaan diatur sedemikian rupa sehingga
untuk menuju kerak D, maka iya harus melalui Rak A, B, dan C terlebih dahulu.
Begiitu juga untuk mengatur data didalam file disusun sedimikian rupa sehingga
untuk mencapai record yang ke5, harus dibaca lebih dahulu record ke1,2,3,4.
Diperpustakaan berbagai informasi bisa kita dapat dan computer juga bisa
sebagai tempat penyimpan data di RAM. Dan bila ada informasi yang kita butuhkan
cepat, kita dapat lain dalam buku harus memilih buku mana yang kita cari.
Hardware
yang
dimaksud dengan hardware adalah mesin-mesin atau komponen-komponen fisik dari
sistim computer yang bekerja secara bersama – sama.
Pada dasarnya system computer secara hardware mempunyai
komponen sebagai berikut:
-
Input divice
-
Storage
-
CPU (Central Prosesing Unit)
-
Output Divice
Macam
– Macam Device
1.
Console
Alat
terdiri dari keyboard dan printer, biasanya berdekatan dengan CPU. Keyboard
digunakan sebagai alat input dan printer sebagai alat Output.
Console
merupakan alat komunikasi antara operator dan system computer. Operator
menghubungi computer dengan jalan menekan key-key pada keyboard sedang computer
memberi jawaban melalui printernya.
2.
Card reader
Alat
ini merupakan alat input dan media yang digunakan untuk memasukan data kedalam
computer berupa kartu yang sudah berlubang(kartu yang sudah berisi data).
Tugas
card reader ini mengubah data pada kartu berbentuk listrik(bit-bit). Untuk
membaca kartu, alat ini biasa menggunakan photo elektricell atau sikat
elektris. Pada jenis yang menggunakan sikat elektris, kartu secara mekanis akan
bergerak dari card hopper(tempat memasukan kartu) melalui tempat membaca (read
station), tempat dibawah sikat – sikat tadi, sikat akan merasakan ada atau
tidaknya lubang pada kartu, bila ada lubang akan dikirim pulsa listrik.
Sehingga data pada kartu, yang dinyatakan dengan lubang-lubang, bisa dideteksi
oleh card reader. Wasalam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar