Senin, 07 November 2011

SISTIM BILANGAN BINER

Pada zaman modern kehidupan kita sehari-hari tidak mungkin terlepas dari bilangan-bilangan. Sistim bilangan yang biasanya kita pakai mengunakan kombinasi angka-angka dari 0-9 disebut system bilangan dasar sepuluh (system decimal).
Sistem bilangan dasar dua yang erat hubungannya dengan prinsip dasar kerja computer. Hanya mengenal dua keadaan saja, yaitu keadaan on(hidup/bekerja) dan Off(mati/tidak bekerja).
Sistem Bilangan Dasar Sepuluh
Dasar –dasar dari sistim bilangan ini ialah:
-          Mempunyai bilangan dasar (Base) = 0
-          Karena mempunyai sepuluh notasi atau symbol yaitu :
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9,
-          Kombinasi dari symbol – symbol ini akan membentuk suatu bilangan dalam system decimal.
Contoh :
123, dibaca sebagai seratus dua puluh tiga, karena menurut tempatnya notasi 1 adalah angka seratus, notasi 2 adalah angka puluhan dari notasi 3 adalah satuan.
-          Digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyatakan jumlah kuantitatif dari suatu benda untuk menyatakan tingkatan, nilai, perbandingan.
Sistem Bilangan Dasar Dua (Biner)
Dasar – dasar dari system bilangan ini adalah :
-          Mempunyai bilangan dasar (base) = 2
-          Karena hanya mempunyai dua notasi yaitu 0 dan 1
-          Bilangan dalam system bilangan dasar dua ini dibentuk dengan kombinasi dari dua notasi diatas.
Contoh : (1011)2 = 1x23 + 0x22 +1x21 +1x20 = (11)10­­
-          Digunakan untuk perhitungan didalam computer, karena komponen-komponen dasar computer hanya mengenal dua keadaan saja.
Aplikasi Komputer
            Negara – Negara maju dimana computer memegang peranan penting dalam berbagai lapangan kehidupan. Baik dibidang teknologi seperti peluncuran pesawat Apollo kebulan, pendidikan, perdagangan, kedokteran dan terutama dibidang menejemen dan adminitrasi.
Bidang Pelayanan
            Pesawat terbang, kapal-kapal dagang menggunakan computer membantu penerbangan dan pelayaran untuk menghindari bahaya tabrakan mengerjakan pekerjaan administrasi dan sebagainya. Dengan bantuan satelit, computer dapat menentukan posisi kapal, stasiun bumi mengirikan data Orbit dan waktu kesatelit. Computer menangkap informasi dari satelit itu digunakan sebagai data dalam menentukan posisi kapala.
Pergudangan/Pertokoan.
            Dibidang ini computer dipakai untuk memberikan informasi mengenai penjualan barang tiap hari atau bulannya. Berhubungan dengan penjualan juga informasi mengenai keadaan gudang. Berdasarkan informasi tersebut dapat ditentukan jenis barang apa yang harus dipesan lagi. Andaikata sebuah perusahaan besar yang mempunyai banyak kantor cabang, maka informasi itu digunakan untuk mengatasi agar tidak terjadi penimbunan disalah satu cabang.
Bidang Pendidikan
            Dalam bidang pendidikan, computer membantu proses pendidikan itu sendiri, membantu administrasi pendidikan riset dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan computer bertindak sebagai instruktur computer assiten instruction (CAI) adalah program yang memberikan pelajaran para siswa. Masing – masing siswa berhadapan dengan terminal. Intruksi-intruksi dari computer muncul dilayar terminal, dan siswa menjawab melalui keyboard. Bila siswa membuat kesalahan dalam soal latihan maka computer menuntun siswa dan menerangkan dengan jelas dan lain-lain.
Bidang Perfilman
Pembuatan film membuatan Proyektor sebagai pembantu (Software) manusia membari instruksi-instruksi.
Bermain Musik
Bermain Piano disimpan dalam CD. Dengan CD kita dapat memainkan apa saja dan memiliki 88 kunci dengan mudah kita dapat memilih dan memainkannya.
Perpusatakaan
Didalam perpustakaan terdapat rak-rak buku yang mempunyai nomor dan tersusun sesuai dengan abjat. Apabila seseorang masuk keruangan perpustakaan selalu menemui rak a lebih dahulu dan jalan didalam perpustakaan diatur sedemikian rupa sehingga untuk menuju kerak D, maka iya harus melalui Rak A, B, dan C terlebih dahulu. Begiitu juga untuk mengatur data didalam file disusun sedimikian rupa sehingga untuk mencapai record yang ke5, harus dibaca lebih dahulu record ke1,2,3,4. Diperpustakaan berbagai informasi bisa kita dapat dan computer juga bisa sebagai tempat penyimpan data di RAM. Dan bila ada informasi yang kita butuhkan cepat, kita dapat lain dalam buku harus memilih buku mana yang kita cari.
Hardware
yang dimaksud dengan hardware adalah mesin-mesin atau komponen-komponen fisik dari sistim computer yang bekerja secara bersama – sama.
            Pada dasarnya system computer secara hardware mempunyai komponen sebagai berikut:
-          Input divice
-          Storage
-          CPU (Central Prosesing Unit)
-          Output Divice
Macam – Macam Device
1.      Console
Alat terdiri dari keyboard dan printer, biasanya berdekatan dengan CPU. Keyboard digunakan sebagai alat input dan printer sebagai alat Output.
Console merupakan alat komunikasi antara operator dan system computer. Operator menghubungi computer dengan jalan menekan key-key pada keyboard sedang computer memberi jawaban melalui printernya.
2.      Card reader
Alat ini merupakan alat input dan media yang digunakan untuk memasukan data kedalam computer berupa kartu yang sudah berlubang(kartu yang sudah berisi data).
Tugas card reader ini mengubah data pada kartu berbentuk listrik(bit-bit). Untuk membaca kartu, alat ini biasa menggunakan photo elektricell atau sikat elektris. Pada jenis yang menggunakan sikat elektris, kartu secara mekanis akan bergerak dari card hopper(tempat memasukan kartu) melalui tempat membaca (read station), tempat dibawah sikat – sikat tadi, sikat akan merasakan ada atau tidaknya lubang pada kartu, bila ada lubang akan dikirim pulsa listrik. Sehingga data pada kartu, yang dinyatakan dengan lubang-lubang, bisa dideteksi oleh card reader. Wasalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar