Kamis, 31 Maret 2011

manusia dan cinta kasih


MANUSIA DAN CINTA KASIH

            Menurut kamus bahasa Indonesia karya W. J. S. Poerwadarminta cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya.sedang kan rasa kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan.
            Cinta memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupan landasan dalam hidup perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan erat dimasyarakat dan hubungan  manusiawi yang akrab.
Menurut Dr. Sarlito W. Sarwono cinta memiliki tiga unsure :
Keterkaitan, keintiman, kemesraan.
-          Keterkaitan adalah persamaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas hanya untuk dia tidak mau pergi dengan orang lain dengan dia.
-          Keintiman adalah kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara anda dengan dia tidak ada jarak lagi.
-          Kemesraan adalah rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalu jauh atau cemas tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang.

HIKMAH CINTA
1.      Cinta adalah merupakan ujian yang berat dan pahit dalam kehidupan manusia, karena karena setiap cinta akan mengalami berbagai rintangan.
2.      Bahwa fenomena yang telah melekat di dalam jiwa manusia merupakan pandangan dan pembangkit yang paling besar di dalam melestarikan kehidupan lingkungan.
3.      Bahwa fenomena cinta merupakan factor lama didalam melanjutkan kehidupan manusia, dalam mengenal diantara mereka.
4.      Fenomena cinta, merupakan pengikat yang paling kuat di dalam hubungan anggota keluarg, kerukunan masyarakat, menhasihi sesame makhluk hidup, menegakkan keamanan, ketentraman, dan keselamatan disegala penjuru bumi.
CINTA MENURUT AJARAN AGAMA
Bentuk Cinta :
a.       Cinta diri
Gejala yang menunjukan kecintaan manusia terhadap dirinya sendiri ialah kecintaanya yang sangat terhadap harta,  yang dapat merealisasikan keinginanya dan memudahkan baginya segala sarana untuk mencapai kesenangan dan kemewahan hidup ( Qs, al “ Adiyat, 100 :8 ).
b.      Cinta sesama manusia
Agar manusia dapat hidup serasi dan keharmonisan dengan manusia lainya.

c.       Cinta seksual
Merupakan faktor primer, fungsi penting yaitu melahirkan demi kelangsungan jenis.
d.      Cinta kebapakan
Seperti cinta bapak kepada anak-anaknya.
e.       Cinta kepada allah
Puncak cinta manusia, yangpaling jernih, dan paling sepiritual.
f.       Cinta kepada rosul
Cinta kepada rosul yang diutus allah sebagai rahmah bagi seluruh alam semesta menduduki peringkat kedua setelah cinta kepada allah.
KASIH SAYANG
            Kasih sayang menurut kontes umum bahasa Indonesia karang W. J. S Poerwadarmita adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.


daftar pustaka :
elearning.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar