Kamis, 20 Januari 2011

tugas isd 1


TUGAS I

1.      Jelaskan mengapa dalam masyarakat terjadi pelapisan sosial & kesamaan derajat? Apa sebab/ latar belakangnya
Jawaban :
Secara teoritas, semua manusia dapat dianggap sederajat akan tetapi sesuai dengan ketentuan kehidupan setiap kelimpok sosial mempunyai nilai tertentu yang paling penting dan dihargai, seperti kepandaian, kekuasaan, profesi, dan sebagainya. Selama manusia membeda-bedakan penghargaan terhadap sesuatu yang dimiliki, maka akan timbul lapisan-lapisan sosial dalam masyarakat. Makin banyak kepemilikan dan kecakapan seseorang tentang sesuatu yang dihargai makin tinggi kedudukan sosialnya. Sebaliknya mereka yang hanya mempunyai sedikit, bahkan tidak memiliki sama sekali, akan mempunyai kedudukan yang rendah.

Latar belakang dalam masyarakat terjadi pelapisan sosial dan kesamaan derajat :
1.      Ada yang terjadi secara otomatis, karena factor-faktor yang di bawa individu sejak lahir. Misalnya : kepandaian, keahlian, usia, jenis kelamin, keturunan, dan sifat keaslian keanggotaan dalam masyarakat.
2.      Ada yang terjadi secara sengaja, yang biasanya dilakukan dalam pembagian kekuasaan dan wewenang dalam organisasi formal, seperti Negara, pemerintahan, partai politik, pengusaha, penrkumpulan, tentara, dan sebagainya.

Adapun yang menjadi ukuran-ukuran yang membedakan :
a.       Kekayaan/ Ekonomi
b.      Ilmu Pengetahuan/ Pendidikan
c.       Kekuasaan/ Politik
d.      Kehormatan/ Sosial








Tidak ada komentar:

Posting Komentar