Kamis, 20 Januari 2011

tulisan


TULISAN

PRASANGKA

            Takut akan terjadi perkelompokan unsur-unsur tertentu yang mempunyai derajat integrasi yang tinggi yang menybabkan perubahan-perubahan pada aspek-aspek tertentu dalam masyarakat karena kebetulan unsur-unsur baru kebanyakan dari Negara-negara barat, maka prasangka tetap ada mengingat masyarakat pernah dijajah tidak mudah lupa pada pengalaman-pengalaman.
            Prasangka mempunyai dasar pribadi, dimana setiap orang memilikinya, sejak masih kecil sikap bermusuhan sudah Nampak. Melalui proses belajar dan semakin besarnya manusia membuat sikap cenderung membeda-bedakan. Jadi prasangka dasrnya pribadi dan dimiliki bersama. Suatu hal yang saling berkaitan apa bila orang mempunyai prasangka rasial biasanya bertindak diskriminasi atau rasialisme ( bentuk nyata dari diskriminasi rasial ).
            Sistem rasialisme di Amerika Serikat di kenal dengan istilah Segregation yang hampirsama dengan system Aparteheid di Afrika Selatan. Sistem rasial memisahkan secara tajam penduduk kulit putih dan kulit hitam. Jurang pemisah yang sangat tajam akan menimbulkan berbagai prasangka.
            Menurut morgan (1966) sikap adalah kecenderungan untuk merespon balik secara positif atau negative terhadap orang, objek atau situasi. Sikap seseorang baru di ketahui bila iya sudah bertindak atau bertingkah laku. Jadi prasangka kecenderungan yang tidak tampak dan sebagai tindak lanjutnya timbul tindakan, aksi yang sifatnya realistis. Prasangka ini sebagian besar sifatnya aporiori, mendahului pengalaman sendiri (tidak berdasarkan pengalaman sendiri) karena merupakan hasil meniru atau pengoperan langsung pola orang lain.
            Prasangka bila diartikan suatu sikap yang terlampau tergesa-gesa, sifat berat sebelah di barengi dengan proses simplifikasi (terlalu menyederhanakan terhadap suatu realita). Dalam kehidupan sehari-hari, prasangka banyak dimuati emosi-emosi atau unsure efektif yang kuat. Apabila tidak tersalurkan secara wajar biasanya orang tersebut mencari kambing hitam, yaitu suatu objek untuk melampiaskan segenap frustasi, dan rata-rata negatif. Kambing hitam biasanya berwujud individu atau kelompok sosial yang lemah, golongan minoritas, Dengan kata lain mencoba untuk mendiskriminasikan pihak-pihak lain.




Pengertian Newcomb
            Prasangka dapat dikatakan sebagai sikap yang tak baik dan bertindak dengan cara yang menentang atau menjahui dan bukan menyokong atau mendekati orang-orang lain sebagai anggota kelompok.
            UUD 1945 Bab X Pasal 27 dinyatakan bahwa semua warga Negara mempunyai kedudukan yang sama dalam hokum dan pemerintahan.
Sikap berprasangka jelas tidak adil, sebab sikap yang diambil hanya berdasarkan pada pengalaman atau yang didengar, lebih-lebih prasangka muncul dari pemikiran sepintas kemudian di simpulkan dan dibuat pukul seperti sifat seluruh anggota kelompok sosial tertentu.

Sebab-sebab timbulnya presangka :
a.       Berlatar belakang sejarah terhadap orang-orang negero orang kulit putih berprasangka negatif.
b.      Dilatar belakangi oleh perkembangan sosio-kultural dan situasional. adanya jurang peinisah antara kelompok orang-orang kaya dengan orang  miskin, diprasangkai bahwa harta-harta itu di dapat dari usaha tidak halal.
c.       Bersumber dari faktor kepribadian. Keadaan frustasi dari beberapa orang atau kelompok sosial tertentu menimbulkan tingkah laku agresif. Prasangka lebih dominan disebabkan tipe kepribadian orang-orang tertentu.
d.      Berlatar belakang dariperbedaan keyakinan, kepoercayaan, dan agama.
Ditambah perbedaan pandangan politik,ekonomi, dan ideologi. Prasangka yang berakar dari hal-hal tersebut bersifat universal.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar