Minggu, 08 Mei 2011

manusia dan tanggung jawab


MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

A.     Pengertian Tanggung  Jawab
Tanggung jawab menurut kamus bahasa Indonesia adalah keadaan yang menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikutl jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
Seseorang bertanggung jawab karena ada kesadaran dan keinsafan atau pengertian atas segala perbuatan dan akibatnya dan atas kepentingan pihak lain. Tanggung jawab adalah ciri-ciri manusia yang beradab ( berbudaya ).

B.      Macam-macam Tanggung Jawab
1.      Tanggung jawab atas diri sendiri
2.      Tanggung jawab atas keluargga
3.      Tanggung jawab atas masyarakat
4.      Tanggung jawab terhadap bangsa/Negara
5.      Tanggung jawab terhadap tuhan

C.      Pengabdian Dan Pengorbanan
Wujud tanggung jawab merupakan pengabdian dan pengorbanan. Pengabdian dan pengorbanan adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri.

1.      Pengabdian
Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tentang perwujudan kesetian, cinta, kasih, sayang, hormat, atau  satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Apabila orang bekerja keras seharian penuh untuk mencukupi kebutuhan, hal itu berarti mengabdi kepada keluarga. Pengabdian kepada agama atau kepada tuhan terasa menonjol seperti dilakukan oleh birawan dan biarawati. Pengabdian kepada bangsa dan Negara dilakukan pleh pegawai negeri yang bertugas menjaga mercusuar di pulau terpencil.






2.      Pengorbanan
Pengorbanan berasal dari kata kuburan yang berti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk mengatakan kebaktian gambaran pengorbanan.
Pangeran sidharta Gautama dari  Kapilawastu diharapkan oleh ayahnya untuk menggantikan kedudukanya sebagai raja, tetapi pangeran sidharta lebih memilih bertapa. Ia rela mngorbankan duniawinya, keluarganya demi kepentingan umum manusia yang derajatnya lebih tinggi. Ia menjadi seorang Budha dan menjadi pendiri agama budha.
Nabi Ibrahim mendapat perintah Allah untuk mengorbankan putranya ismail. Walaupun ia sangat sayang kepada putranya, perinta Allah untuk mengorbankan tetap dipenuhinya. Nabi Ibrahim tidak sampai hati memotong leher putranya, tetapi ia tetap setia menjalankan perintahnya. Kemudian terbukti putra yang mau dikorbankan kepada Allah sudah berganti biri-biri.
Perbedaan antara pengertian pengabdian dan pengorbanan begitu jelas. Karena adanya pengabdian tertentu dan pengorbanan.
Kesedian seorang guru di tempatkan dipelosok terpencil daerah transmigrasia adalah pengbdian juga pengorbanan.
Dalam novel “ Siti Nurbaya “ karya marah rusli betapa besar pengorbanan gadis Siti nurbaya sebagai pengabdianya kepada orang tuanya. Siti Nurbaya dipaksa menikah dengan Datuk maringgih, situa Bangka karena orang tuanya tidak mampu membayar hutang sebagai gantinya Siti Nurbaya sebagai tebusanya. Demi pengabdian kepada bapaknya Siti nurbaya bersedia memutuskan hubunganya dengan Syamsul Bahri dan mau dikawinkan dengan Datuk Maringgih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar